Masjid Jabalul Khoir

Iseng-iseng buka-buka folder di harddisk, ternyata ada satu foto Masjid Jabalul Khoir yang lokasinya berada di Simpanglima Purwodadi. FYI masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Purwodadi disamping masjid Baitul Makmur yang terletak di alun-alun kota Purwodadi.

Setelah googling sebentar, ternyata foto ini dulunya saya dapati dari Panoramio dan diunggah oleh wherrysusanto. (Untuk lisensi foto silakan langsung ditanyakan pada pemiliknya ya.. soalnya cuma tertulis “© All Rights Reserved by wherysusanto“). Karena dipotret tahun 2007 pastinya sekarang sudah berubah apalagi setelah ada pemugaran di masjid ini.

Terus kenapa pamer foto yang bukan milik pribadi?
Sebenarnya simpel saja…
#1. Saya belum pernah motret masjid ini :D
#2. Fotonya bagus… ;) (terima kasih untuk wherrysusanto yang telah mengunggahnya)
#3. Males motret… apalagi setelah tahu banyak postingan tentang Purwodadi-Grobogan yang di copy-paste secara brutal, baik foto maupun artikelnya.

Sebenarnya ada beberapa keunikan Masjid ini yang sepertinya tidak begitu diperhatikan orang-orang… yaitu arsitektur dari bangunan masjid ini. Keunikan masjid ini adalah tidak adanya kubah diatas atap masjid ini. Jadi kalau kota Semarang memiliki Gereja Blenduk sebagai landmark kota Semarang karena keunikan arsitektur bangunannya, kota Purwodadi juga memiliki Masjid Jabalul Khoir yang justru merupakan masjid yang tidak memiliki kubah di atapnya selaiknya bangunan masjid-masjid yang lain.

Selain itu masjid ini memiliki keunikan lain, seperti tidak adanya menara masjid dan konstruksi bangunan yang hanya disokong oleh pilar-pilar yang terletak di pinggir (menyatu dengan dinding) berbeda dengan masjid lain yang ada pilar di tengahnya. Tentang seberapa besarnya pilar bisa anda lihat di serambi masjid karena di serambi tidak ada dindingnya, hanya pilar-pilar besar penyokong atap masjid :D.

Oh iya… pilar-pilar ini kalau pas ada event Jum’atan selalu laris lho buat senderan para jamaah yang pengen ngeluk geger dan niat untuk tertidur ditemani angin sepoi-sepoi beserta bau ayam goreng yang lezat selagi mendengarkan khatib yang sedang berkhotbah… :D

Last but not least... mungkin kalau ada yang mau mempromosikan masjid Jabalul Khoir ini sebagai tetenger atau landmark kota Purwodadi, mungkin kota Semarang bisa jadi merasa tersaingi karena ternyata ada kebalikan dari Gereja Blenduk yang mirip masjid di Semarang yaitu Masjid Jabalul Khoir yang secara arsitektur tidak mirip masjid ;)

*kira-kira lambang rambu-rambu lalu lintas yang menunjukkan lambang masjid itu perlu direvisi nggak ya? –haiyah–

Sumber foto: http://www.panoramio.com/photo/26590841

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

5 thoughts on “Masjid Jabalul Khoir”

    1. ada deh…. :D
      googling-googling dikit… ntar kan ketemu tulisanku ada versi plagiatnya… padahal kalau mau copy-paste juga boleh, asal ditulis SUMBERnya… (syarat dan ketentuan bisa di cek lisensi dibawah itu)

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s