Kurang sorotan

Sebentar lagi akan berlangsung hajat yang terbilang besar, karena melibatkan negara se-Asia je, apalagi kalo bukan Asian games. Dan seperti biasanya kalo acara besar dan menggunakan ritual menyalakan api obor yang ukurannya segede gaban itu, Api abadi Mrapen akan diikut-sertakan. Buat yang belum tahu Api abadi Mrapen ini juga biasanya diambil ketika acara lainnya seperti PON atau pas ritual Waisak.

Nah seperti yang sudah-sudah setelah acara pengambilan api abadi, barulah prosesi acara yang lebih gemebyar dimulai. Kali ini acara rame-rame dilakukan di Prambanan. Di Kabupaten Grobogan yang notabene tempat asal api abadi balik lagi ke kehidupan normal sehari hari. Gak acara rame-rame seperti di Prambanan, bahkan dilewati kirab obor Asian games aja tidak. Mirip orang yang dipinjam korek oleh orang yang merokok, setelah rokoknya menyala, ya langsung ditinggal pergi. Masih untung koreknya gak ikut dibawa pergi. 😁

Tapi ya begitulah… Nasib daerah kurang terkenal. Mau gimana lagi. Masih dilibatkan saja sudah Alhamdulillah.

Iya kan? Iyain saja deh biar cepat. 😁

Terimakasih Professor

Setelah rame-rame gelar profesor di tv, sekarang rame lagi sang professor dari Perancis yang putus kontrak dengan si Gudang Peluru akhir tahun ini (lebih cepat setahun dari kontrak awalnya).

Gilbert Gress, 1980Ok karena saya seorang penggemar si Gudang peluru walaupun hanya dari layar kaca, saya akan cerita sedikit tentang sang Professor dan Gudang Peluru. Bermula dari ajang piala dunia 98, saya yang kesengsem dengan gaya main timnas belanda, tentunya dengan gaya gocekan Dennis Bergkamp yang magis itu. Dan sesudah itu saya tahu dia bermain di klub yang bisa dikatakan kelas menengah jika dibandingkan dengan Setan Merah dan Si Merah yang mahsyur dengan sejarahnya masing-masing. Dari situlah saya mulai menyukai si Gudang Peluru. :)

Ndilalah koq ya habis itu dapat trofi dobel.  Wah makin oke nih kayaknya tim ini. Menggoyang kemapanan tim besar. ai laik dis pokoknya. Belum lagi pola mainnya yang gak sesuai pakem gaya british yang kick and rush, professor membuat gaya main umpan-umpan pendek yang asik dilihat yang kemudian dikenal dengan Wengerball. Selain gaya main intrik perang syaraf dengan Opa manager Setan Merah selalu asyik disimak selain pertarungan antar kedua kapten kesebelasan tentunya. Ah indahnya masa lalu… :)

Kemudian masa-masa tidak menyenangkan datang. Gudang peluru bikin stadion baru hampir bersamaan jaman duit-duit sodagar masuk ke klub-klub bola. Dan hasilnya modal kapital yang besar bisa membuat klub-klub tersebut mendapat prestasi instant. Gak enaknya karena fokusnya sedang membangun kandang stadion baru, duitnya mesti diitung bener-bener biar gak bikin klub bangkrut. Dan kenyataannya walaupun prestasinya juga gak jelek-jelek amat. Bisa masuk liga cempiyen terus-terusan, biarpun gak pernah juara juga. :)

Setelah kandang stadion baru selesai eh… juara juga gak kesampaian juga. Tapi yowis piye… Wis kadung tresno je. Gak bakal pindah ke lain hati. Mirip fans yang di Inggris sana, IN WENGER WE TRUST. Sampai kemarin ada pengumuman sang Professor bakalan mengakhiri kontraknya akhir musim ini. Jadinya #2018gantimanager. :(

Apapun terimakasih Professor atas semua kiprahmu. Semoga nanti penggantimu akan mampu berbuat sesuatu yang lebih darimu, seperti dirimu yang berbuat lebih dari mbah George Graham. Dan juga semoga tidak akan ada meme yang memuat kata-kata “piye kabare? penak jamanku to?” disamping fotomu yang sedang senyum-senyum.

merci Arsene

note: itu fotonya professor jaman jadi manager di RC Strasbourg, dijepret oleh Gilbert Gress dibagi di wikipedia. pangling khan? :)

Tanggalan yang aneh

Tanggalan atau orang-orang pada umumnya lebih mengenalnya dengan istilah kalender, biasanya untuk satu negara itu sama. Baik pas tanggal biasa hitam atau pas bagian yang semua orang tunggu yaitu tanggal merah. Tapi tunggu dulu… perhatikan tanggalan alias kalender yang nempel di dinding kamarku ini.

kalender yang aneh

Sudah? Adakah yang terlihat aneh?

Kalau belum, saya kasih tahu saja ya. Besok tanggal 13 april itu pas jumat pon tanggalannya merah. Disitu disebut hari Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H. Padahal di kalender lain Isra’ Mi’raj kan jatuh pas hari Sabtu tanggal 14 April. Nah loh…. yang bener yang mana?

Kemarin juga sama pas Hari Raya Nyepi. Kalo versi tanggalan yang ini sih pas jatuh 18 Maret. Tapi versi yang benar kan tanggal 17 Maret. Jadinya memang tanggalan ini versinya beda sama pemerintah. Entah keliru ngambil sample yang bener atau memang sudah punya perhitungan sendiri.

Tapi yah namanya juga barang gratisan, diterima sajalah. Kalau ada meleset sedikit ya dimaklumi saja. Mungkin sudah keburu dicetak baru ketahuan kalau ada keliru. :)

Nah sekarang silakan cek kalender di rumah anda. Jangan-jangan ada yang salah juga kayak yang ini. Eh btw kalender ini termasuk HOAX gak yah? :)

Motor lanang mbak-mbak imut

Jaman sekarang kayaknya sudah sering saya temui mbak-mbak naik “motor lanang”, maksud saya motor dengan tangki bensin di depan. Bukan bermaksud diskriminasi atau apa, tetapi motor dengan tangki bensin di depan (bukan dibawah jok) itu sangat bikin ribet buat mbak-mbak yang mau naik motor dengan memakai rok (apalagi rok pendek). Jadi ingat dulu sering kalo berangkat jumatan, ada teman yang selalu nyari nunutan (padahal punya motor sendiri, Honda Tiger pula) hanya karena ribet ngurusin sarung. :)

motor cb100 klangenan
motor cb100 klangenan, contoh motor lanang :)

Balik lagi ke soal motor yang dipake mbak-mbak itu, mulai dari jenis motor lanang biasa, motor trail, sampe motor gede. Tampaknya memang tidak ada masalah wong produsen motor juga tidak pernah mempermasalahkan jenis kelamin pengguna produk motornya. Tapi tunggu dulu, dari pengamatan di jalan saja saya sudah beberapa kali melihat mbak-mbak yang naik motor lanang itu terjatuh ketika berhenti. Yah.. justru malah ketika berhenti dan kaki (harusnya) menapak menahan motor, malah mbak-mbak itu jatuh dan ditimpa motor. :(

Semua itu terjadi (sepertinya) karena postur mbak-mbak pengendara motor yang imut-imut menggemaskan kalah jauh dengan postur motor yang tinggi besar plus berat pula. Kalo saja mereka naik motor bebek atau matik, ketika berhenti dan kaki mulai menapak, menahan potor, bila dirasa posturnya terlalu imut kan bisa sedikit merosot sedikit ke depan. Problemnya kalo motor lanang kan di bagian depan terdapat tangki bensin, jadi bukannya merosot malah munggah maneh. Hasilnya kalo kakinya kethathilan dan gak kuat menahan motor ya GEDABRUK gitu.

Saya nggak tahu mbak-mbak imut ini nak motor lanang itu tadi karena memang suka, lagi trend, faktor gengsi atau karena terpaksa motor yang ada dirumah ya cuma itu. Tapi mbok yao kalo posturnya imut dan kelelep dengan motornya, tolong diusahakan ganti dengan motor yang lain deh. Daripada gedabruk pas berhenti di persimpangan atau diparkiran. Ya biarpun orang Indonesia itu terkenal senang membantu tetapi mbok ya sedikit kasian sama mereka, membantu orang yang jatuh dengan motornya sambil menahan senyum dan ketawa itu berat lho. Tenan. Gak ngapusi aku. :)

Kucing kembang telon

Di masyarakat jawa, kucing dengan motif bulu bercorak tiga warna (calico) sering disebut dengan istilah kucing kembang telon. Dan karena kucing kembang telon berjenis kelamin jantan sangat jarang ditemui, kucing kembang telon berkelamin jantan dianggap sebagai kucing yang mempunyai kekuatan magis tertentu, seperti pembawa hoki atau semacamnya. Oleh karena itu jangan kaget kalau ada yang mengkeramatkan kucing ini.

kucing kembang telonSayangnya kucing yang ada di rumah ini berjenis kelamin betina. Jadinya si telon nggak ada yang minat walaupun banyak suka. Padahal kalo jantan bisa dijual dengan harga mahal. Lagipula si kucing ini sudah tiada. Jadi jangan berharap untuk meminta si pus ini ya.. :)