Kecap Purwodadi yang baru

kecap masak cap iboe
kecap masak cap iboe

Kalo bicara kecap Purwodadi pasti yang kebayang adalah kecap cap udang buatan Oei Hok Hoo yang legendaris itu. Padahal kecap Purwodadi bukan cuma satu merk itu saja. Bahkan dulu pernah nemu gambar kecap purwodadi yang sama-sama buatan Oei Hok Hoo tapi belum pernah saya temui. Nah sekarang ada lagi nih kecap purwodadi yang baru (setidaknya baru kali ini saya melihatnya). Merknya cap IBOE. Entah  ibu siapa yang fotonya terpampang di botol bungkus kecap ini, saya juga tidak mengenalinya. Tebakan paling jitu, ibu itu bernama ibu Mayasari jika melihat dari nama yang terpampang di botol. Sayapun juga tidak tahu kecap ini bikinan purwodadi bagian mana, karena di bungkusnya hanya tertulis dikeluarkan oleh ibu Mayasari A. Purwodadi.

Adakah yang pernah pake kecap yang ini juga? atau ada yang tahu bikinan mana. Atau mungkin ada cerita tentang kecap ini silakan saja dibagi di kolom komentar. Kebetulan kecap di rumah masih ada, jadi kecap yang ini belum dibuka. Jadi mohon untuk tidak tanya bagaimana rasanya ya. :)

Iklan

Ultraman was here

Kayaknya sudah beberapa kali saya posting tentang mie ayam. Tapi sulit kayaknya untuk tidak posting tentang mie ayam satu ini. Bagaimana tidak gatel rasanya untuk posting mie ayam satu ini. Perhatikan gambar berikut ini;

Eh koq kurang kebaca ya, iniaja yang lebih jelas. Tertulis MIE AYAM BAKSO ORA PATEK ENAK. Dengan tagline ULTRAman juga pernah makan disini. Epic banget kan. :)

EPIC!! Bukan hanya satu yang bikin gatel untuk jepret dan posting, tapi ada 2 hal yang seru untuk dikomentari. Pertama soal klaim Ultraman yang pernah mampir kesitu. Entah bagaimana jadinya kalo itu beneran kejadian. Tendanya pasti sudah jebol. mungkin kalau ultraman versi mini (emang ada ya?) bisa juga sih. tapi kan bikin orang senyum boleh juga. Semoga jadi amal sholeh untuk bikin orang lain tersenyum. Lalu alasan kedua tentunya soal branding dari warung ini, mosok sih ngasih namanya gitu amat sih. hahaha. Mie ayam rak patek enak. Artinya mie ayam tidak begitu enak, not so good‘lah kalo londo bule bilang. Jadinya pengunjung warung tidak usah punya ekspektasi yang muluk-muluk tentang rasa. Tapi kata mas-mas yang jual (lupa ngga kenalan dulu), ini cuma  branding saja. Biar anak muda yang demen main sosmed secara sukarela nge-share ke follower mereka. Sebuah strategi pemasaran yang jenius kan? Malah katanya pernah ada guru SMP yang ngajak muridnya untuk belajar pemasaran kesini. Tapi ya karena masih baru (belum ada sebulan katanya), ya belum bisa ngasih info apa-apa. Tapi kayaknya saya dan guru itu sependapat, brandingnya oke banget. Jempol deh.

Tapi.. jadi penasaran kan gimana sih mie ayam ini. Sayangnya pas mampir mie ayamnya sudah habis. Dapatnya cuma bakso. Sebagai penggemar mie ayam, saya cuma bisa bilang, baksonya ya biasa. Kayak yang dijual pedagang bakso lainnya. Standarlah. Gak kurang gak lebih. Mungkin lain kali mesti nyoba mie ayamnya. :D

Gimana? Tertarik untuk ikutan nyoba?  Atau malah sudah pernah nyoba mie ayamnya? Kalo sudah ceritain ya gimana rasanya. :D

Mie Ayam Goreng 

Biasanya mie ayam dikenal dengan makanan berkuah, tapi karena manusia punya daya kreasi maka ada saja inovasinya. Seperti ini mie ayam yang digoreng. Jadi selain jualan mie ayam original ada juga menu mie ayam goreng.

Tampak seperti mie ayam original yang berkuah (baik yang kuahnya dipisah atau kuah yang dicampur langsung) namun diolah secara digoreng. Jadinya seperti mie goreng jawa plus ayam.

Enak sih, tapi saya pribadi sih lebih milih yang ada kuahnya. Ada kesempatan untuk bikin suara sruput-sruputnya. :)

Gimana kalo menurut anda, lebih suka mie ayam yang mana? Kuah dipisah, kuah biasa atau mie ayam yang digoreng?

Bagaimana cara makan Mie Ayam?

Saya termasuk orang yang suka mie ayam. Kalo pas njajan di tempat yang jualan mie ayam dan bakso hampir dipastikan saya selalu pesan mie ayam. Bukan apa-apa sih, soal selera saja.

mie ayam rudal perut
mie ayam rudal perut

Dan ada beberapa versi mie ayam yang beredar *halah* di sekitar saya. Dari yang Mie ayam disajikan langsung dalam satu mangkok, seperti mie ayam yang biasa itu. Ada juga yang plus ceker (tapi disediakan di tempat terpisah). Ada juga yang disajikan dengan model yang mie dan kuahnya dipisah tapi jangan jauh-jauh, ntar kangen.

mie_ayam_pangsit_pakdhe

Nah BIG PROBLEM ketika dapat mie ayam yang disajikan dengan kuah terpisah itu adalah cara makannya.

Kenapa pula kuah sama mie-nya itu dipisah? Apa gak kasihan ? Kan jadi kangen…

Katanya sih biar enak cara dan lebih njuragani, mie ayam jenis ini memang dimakan tanpa kuah yang banyak. Cukup beberapa sendok saja kuahnya untuk dicampur ke mie, biar gampang nyampur dengan uborampe lainnya. Terakhir, baru kuah sisanya disruput same habis. Ribet juga ya. Ini acara makan apa upacara sih, koq aturannya detil banget.

Tapi kalo saya sih… campur saja semua dari awal. Nggak njuragani juga biar. Toh pada akhirnya semuanya juga ngumpul dan nyampur di dalam perut. Selama yang makan nggak protes kenapa harus jadi masalah? :)

Bagaimana dengan anda?

Selamat makan mie ayam. Beli dan makan sendiri tentunya. Gak harus saya temani kan? :D

Tempe Bacem Joglo Gading

tempe_bacemIni produk tradisionil yang digarap tenanan hingga terkesan modern. Cocok buat dijadikan cemilan dan buah tangan buat kalangan wisatawan dan wisatawati.

Produknya sih sebenarnya sederhana, cuma tempe bacem. Tapi produsennya sadar branding. Packaging yang sudah keren dan desain yang sudah niat banget. Pokoke top. Rasanya? Orisinal tempe dong… *halah*

* Semoga yang punya mampir kesini. :)
** Bukan posting berbayar.. tapi kalo ada yang mau mbayari ya diterima dengan hati senang :)