Uang koin 25 sen

Kemarin pas dapat duit susuk (uang kembalian) ada 3 buah koin recehan yang saya asumsikan uang koin recehan limaratusan. Setelah saya periksa ulang ternyata ada satu uang yang ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan 2 uang koin lainnya. Dan setelah diamati dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja, ternyata ada uang koin jadul nyelip diantaranya. Bukan uang koin limaratusan, tapi uang koin 25 sen emisi tahun 1955.

uang koin 25 sen diantara uang 500 rupiah
uang koin 25 sen diantara uang 500 rupiah

Karena saya juga termasuk orang yang suka nyimpen koin-koin seperti ini (walaupun bukan kolektor ataupun kolekdol), saya anggap saja ini rejeki. Sepertinya untuk jenis ini saya belum punya. Untuk harga pasarannya entahlah, barang seperti ini memang gelap, suka-suka yang jual dan yang beli. Iseng ngintip di situs jual beli onlen harganya gak karuan, ada yang menjual 1000 rupiah per keping tapi ada juga yang menjualnya seharga 500.000 rupiah perkeping.

Mungkin lebih baik kalo saya tanyakan ke teman yang hoby numis kangkung eh numismatik saja, biar gak keblondrok kayak tren duit koin 1000 bimetal yang bergambar kelapa sawit itu. :)

adakah yang paham koin-koinan dan koin beneran disini? :)

Uang koin 1000 rupiah bergambar kelapa sawit

Kemarin saya ngobrol sama temen, dan ndilalah koq ya nggak sengaja temen saya nanyain apa saya masih punya uang koin 1000 rupiah yang bergambar kelapa sawit. Katanya kalo masih ada, untung besar… sekarang harganya mahal. Bahkan sampai jutaan katanya, padahal sependek pengetahuan saya harganya masih murah, cuma beberapa ribu rupiah saja.

Iseng-iseng gugling ah… Dan ternyata beneran ada yang menawarkan uang koin 1000 rupiah bergambar kelapa sawit itu dengan harga fantastis, jutaan rupiah. Belum lagi kanal berita online yang asal tulis itu, asal pajang berita entah berdasarkan fakta lapangan apa enggak. Weleh weleh weleh.

Tidak puas dengan hasil gugling saya kontak teman yang koleksi duit (numismatik), dan tanya langsung berapa sih harga pasaran dari uang koin tersebut. Dan sesuai dengan informasi yang sudah saya tahu, uang koin seribu rupiah dengan bahan bimetal ini harganya masih murah. Hanya beberapa ribu rupiah. Nggak sampai harga semangkok bakso lah, harga per koinnya. Hoax woiii….

Jadi kepikiran nih, jangan-jangan ini awal-awal dari gelombang spekulan yang main harga nggak karuan semacam kembang gelombang cinta, ikan louhan, dan batu akik seperti trend kemarin itu ya?

Tapi kalau ada yang mau beli uang koin 1000 bimetal bergambar kelapa sawit milik saya dengan harga tinggi ya boleh lah… Saya mau koq jual uang koin saya. Mumpung saya punya lebih dari satu.

Uang koin 1000 rupiah bergambar kelapa sawit

Silahkan kakak, uang koin 1000 rupiah bergambar kelapa sawit nya kakak. Tuker laptop yang ada gambar buah krowak juga boleh kakak. :)

Baru tapi langka

Entah perasaan saya saja atau jangan-jangan memang beneran uang 1000 rupiah bergambar Cut Meutia dan bagian belakang ada gambar Tari Tifa, Pemandangan alam Banda Neira dan Bunga Anggrek Larat ini jarang beredar ya?

Uang seribu rupiah bergambar Cut Meutia
Uang seribu rupiah bergambar Cut Meutia

Terus terang selama ini saya baru 2 kali mendapat uang 1000 rupiah kertas bergambar Cut Meutia ini. Biasanya sih uang kertas 1000 rupiah bergambar Pattimura, atau malah uang koin, baik uang koin bernilai 1000an atau (yang paling sering) 2 buah gopekan.

Dua lembar uang seribu rupiah itu saya dapat koq ya ndilalah pas dapat berurusan dengan kereta api. Yang pertama pas bayar parkir dan dikasih susuk seribuan itu, dan yang satunya pas beli teh anget di dalam gerbong KA Menoreh dan ada seribuan bergambar Cut Meutia nyelip disitu.

Mungkin jodoh duit seribuan ini memang dengan PT KAI ya? 😁

**seberapa sering anda dapat uang seribu rupiah bergambar Cut Meutia ini?

Koin

Kemarin saya mendapat uang kembalian receh berupa koin. Hal yang biasa bukan? Namun kali ini sedikit berbeda… karena baru kali ini saya mendapat uang kembalian koin seribuan seperti ini… secara fisik uang koin 1000 ini bergambar burung garuda dan tulisan “BANK INDONESIA” serta nominal “1000 RUPIAHyang segede gaban dibagian depan, lalu di bagian belakangnya bergambarkan angklung dengan gedung sate sebagai latar belakangnya, serta tulisan “ANGKLUNG” pada bagian atas dan tahun pembuatannya “2010” pada bagian bawah. Dari segi ukuran uang koin 1000 rupiah ini sedikit lebih kecil dari uang koin 500 putih bergambar bunga melati itu. Jadinya secara sekilas saya mengira uang yang saya pegang waktu itu adalah uang koin 200 rupiah. :D

koin 500 dan 1000 rupiah

Untung saja saya bukan orang brangasan yang langsung protes atau bahkan nolak uang itu. Terus terang saja, waktu menerima uang itu saya kaget karena mengira jumlah uang kembalian yang saya terima kurang banyak. Namun waktu melihat dengan lebih seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja saya menyadari uang yang saya pegang itu adalah uang pecahan 1000 rupiah.

Yah beginilah kalo jadi orang kuper… ada uang baru yang beredar saja sampai tidak tahu, padahal uang itu sudah beredar dari tahun 2010 ;))