Patung Pangeran Diponegoro di bunderan Getasrejo

Dulu pernah posting tentang tugu di bunderan getasrejo yang hadeh itu. Dulu ada patung di tengah-tengah bunderan yang berwujud sosok pejuang, namun sayangnya sudah beberapa bagian tubuhnya protol dan untungnya tertutupi oleh pepohonan disekelilingnya. Dan sekarang, di era Bu Sri Sumarni tugu itu direnovasi menjadi lebih megah, lebih tinggi menjulang, dan diganti dengan Patung yang sudah dikenal yaitu patung Pangeran Diponegoro yang sedang naik kuda.

patung diponegoro bunderan getasrejo
bunderan getasrejo yang baru

Nah sekarang balik lagi ke pertanyaan saya dulu, kalo memang ingin memajang sosok pahlawan, kenapa mesti impor jauh-jauh? kenapa bukan sosok pahlawan nasional yang berasal dari Kabupaten Grobogan seperti Nyi Ageng Serang? Padahal Nyi Ageng Serang juga gak kalah heroik lhoh kepahlawanannya. Atau malah jangan-jangan pada nggak tahu kalo Nyi Ageng Serang itu berasal dari Kabupaten Grobogan? Seperti si Yudi dulu yang terang-terangan mengira Nyi Ageng Serang itu berasal dari Serang Jabar. Padahal bukan. Sorry ya Yud, buka luka lama. :)

Akan sangat WOW kan kalau saja patung itu berupa Nyi Ageng Serang yang sedang naik kuda dengan bersenjatakan tombak. Ya nggak? ;)
Paling tidak orang jadi bertanya-tanya siapa sosok yang patungnya ada disana dan syukur-syukur mau mencari tahu. Tentunya dengan sosialisasi dari pemerintah juga, biar warganya tahu dan kenal dengan pahlawan nasionalnya. Bukan begitu?

Iklan

Grobogan Bersemi

Dulu jaman orde baru, rasanya tiap kota memiliki semboyan yang jadi ciri khas dari kota tersebut. Seperti Jogja berhati nyaman, Semarang kota atlas, Solo Berseri, dll. Kebetulan kabupaten Grobogan juga memilikinya dengan semboyan Grobogan Bersemi yang merupakan singkatan dari Grobogan BERsih SEhat Mantap Indah.

Grobogan Bersemi

Bersamaan dengan lettersign di alun-alun purwodadi, ternyata ada juga lettersign besar berwarna merah dengan diapit sepasang obor yang dipasang di taman di dekat tugu adipura Nglejok.

Dulu kalo ada gambar dan tulisan Grobogan Bersemi seringkali dipasang dengan background berwarna hijau. mungkin menguatkan kata bersemi itu, plus dengan gambar sisa pohon yang dipotong dan telah keluar tunas baru.

Mungkin lettersign ini mau mengubah imej, citra atau apalah tentang kota Purwodadi (atau kabupaten Grobogan) menjadi kota yang memiliki semangat menyala-nyala atau bagaimana saya juga kurang tahu. Ah yang penting sudah terpasang. Gak usah protes deh. hehehe

Ada yang baru di Ngrombo

Kemarin ke Ngrombo dan ada dua hal yang berbeda. Pertama bangunan depo kereta api sudah berdiri dengan megah. Tinggal menyambungkan rel ke jalur yang sekarang digunakan. wah kayaknya jadi semakin besar nih stasiun Ngrombo. :)

depo kereta api ngrombo
depo kereta api ngrombo

Selain itu yang lebih penting untuk diperhatikan yaitu jadwal keberangkatan kereta yang baru per tanggal 1 april 2017. Jadi buat yang pengen tau kereta apa saja yang berhenti dan lewat stasiun Ngrombo bisa diklik saja gambar dibawah ini. Jangan buka jadwal keberangkatan kereta stasiun ngrombo yang saya post kemarin-kemarin. Sudah diganti ya… :D

jadwal keberangkatan kereta stasiun ngrombo mulai 1 april 2017
jadwal keberangkatan kereta stasiun ngrombo mulai 1 april 2017

Alun-alun Purwodadi yang baru

Setelah berbulan-bulan ditutup untuk direnovasi, sekarang alun-alun kota Purwodadi sudah dibuka kembali. Memang lebih apik dari sebelumnya, lha wong proyeknya aja 10M lebih je. Ya harus lebih joss dari sebelumnya dong. Tapi ada yang agak ngganjel nih. Biasa… manusia nggak pernah puas :)

alun-alun purwodadialun-alun purwodadiKalo dibanding Taman Hijau Kota Purwodadi koq kelihatannya biasa-biasa ya. Lagipula kalo biasanya di proyek-proyek pembangunan landmark seperti ini biasanya ada lettersign gede bertuliskan nama tempat landmark tersebut. Namun untuk proyek alun-alun ini tidak, mungkin biar anti mainstream kali ya? Jadinya buat hobiis foto-foto selfie terpaksa gigit jarinya sendiri. Tapi nggak usah khawatir, ada obyek payung-payung putih di sisi timur alun-alun yang bisa jadi spot selfie asyik. Lagipula hobis selfie pasti bisa mencari spot selfie terhits buat dipamerke di akun sosmed mereka. Mungkin ada rencana untuk proyek tahap berikutnya ada kali ya, itupun kalo ada proyek lagi. Padahal lettersign itu sekarang termasuk penting lho. Selain buat spot selfie juga biar orang-orang tidak salah membedakan antara alun-alun dan simpanglima Purwodadi. *halah :)

gimana, menurutmu alun-alun purwodadi sekarang sudah keren blom guys?

Taman Hijau Kota Purwodadi

Di Purwodadi ada satu tempat yang lagi lumayan ngehits untuk warga kota Purwodadi yang kurang piknik dan sekitarnya. Namanya Taman Hijau Kota Purwodadi. Lokasinya terletak agak tersembunyi walaupun dekat dengan simpanglima purwodadi, lebih tepatnya di belakang Rumah Sakit Islam di jl dr Soetomo. Dulu sih saya pernah kesitu tapi nggak jadi foto-foto dan dipost di blog gak penting ini karena masih belum selesai pengerjaannya dilihat dari banyaknya material yang masih diumbrukke sak senenge dewe. Mungkin karena saya kegasikken, taman belum jadi sudah disamperin. :)

Kemarin nyoba lagi biarpun sebenarnya males, tapi demi pembaca blog sekalian #halah saya sempatkan mampir dan jeprat-jepret sekenanya.

gerbang Taman Hijau kota PurwodadiSebelum mampir kiranya ketahui dulu denah taman hijau kota Purwodadi ini dan larangan-larangannya. Jangan sampai nanti melanggar larangan trus ada yang motret dan diaplot di dunia maya kan berabe, hancurlah pencitraan. :D

denah taman hijau kota purwodadirambu larangan

Lanjutkan membaca “Taman Hijau Kota Purwodadi”