Tirakatan di rumah aja

Biasanya setiap malem tujuh-belasan (di bulan proklamasi kemerdekaan) di kampung selalu diadakan acara tirakatan. Kadang sekedar ajang kumpul-kumpul warga sembari bagi-bagi hadiah buat lomba agustusan, kadang kalo ada dana lebih juga sampe ada acara karaoke atau malah bikin panggung kecil-kecilan.

Walaupun kalo dipikir-pikir pemakaian judul tirakatan juga gak nyambung (menurutku lhoo), karena kalo ngintip KBBI tirakat itu artinya berpantang sesuatu atau malah pergi menyendiri di tempat sepi, tapi malah ngumpul-ngumpul bareng dan makan-makan sambil menikmati acara yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Tapi ya biarlah, nyenengin orang banyak itu kan (semoga saja) berpahala. Gak usah dan gak perlu dipermasalahkan. 😁

Trus untuk tahun corona ini bagaimana? Alhamdulillah tidak diadakan, malah tadi sore pak RT sendiri yang keliling sambil bagi-bagi dus makanan dan ada selembar kertas yang bertuliskan TIRAKATAN DI RUMAH AJA. Terimakasih pak RT. 😊

Tirakatan di rumah aja
Tirakatan di rumah aja

Ya sudah, gak usah nunggu yang upacara bendera atau semacamnya, mari segera disantap… 🤤 🍽️

MERDEKA!!!

presiden yang terlupakan

gara-gara blogwalking nyampe kemari, nemu artikel yang agak mengagetkan.. dilihat dari judulnya saja sudah bikin penasaran plus kaget..

yup.. judulnya aja  “2 Presiden INDONESIA yang belum anda ketahui“, bener-bener provokatif kan??
setelah baca-baca sebentar.. koq kayaknya masuk akal banget ya..? walaupun dulu gak pernah seneng sama pelajaran sejarah dan pelajaran ips lainnya (banyak banget yang harus dihapal sih), tapi kan founding father kita pernah mengajarkan JASMERAH (Jangan sekali-sekali melupakan sejarah).. so sudah seharusnya sejarah yang seperti ini diketahui oleh seluruh orang indonesia.

karena takut kalo itu hoax.. Q cari-cari sumber lain.. dan woila.. di wikipedia malah ada data lengkapnya.. malah masih ditambahi gambaran timeline masa pemerintahan presiden berikut wakil presidennya… (what a nice)

oke.. langsung aja… kedua presiden yang dimaksud adalah…

sjafrudin prawiranegara
sjafrudin prawiranegara

Sjafruddin Prawiranegara menjabat waktu presiden Sukarno dan wapres Moh. Hatta ditangkap belanda waktu waktu agresi militer belanda II tahun 1948.  Beliau menjabat dari tanggal 19 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949.

Mr Assaat
Mr Assaat

Kemudian yang kedua yaitu Mr. Assaat, menjabat sebagai Pemangku Sementara Jabatan Presiden RI dari tanggal 27 desember 1949 hingga 15 agustus 1950.

berikut ini adalah timeline dari masa pemerintahan presiden dan wapres RI dari masa ke masa..

note: gambar2 diambil dari wikipedia