aturan nama belakang = nama keluarga ?

setiap kali kita bikin akun di dunia maya, apalagi yang geratisan… pasti kita akan diminta data nama kita.. *ya iya lah..* dan seperti sudah aturan tidak tertulis kalo form isian nama hampir pasti dibikin dua kali isian, yaitu nama depan dan nama belakang…

buat yang memang ditakdirkan namanya hanya terdiri dari dua kata sih bisa dengan enak ngisi tanpa perlu menerjemahkan macem-macem.. nah kalo yang namanya terdiri dari satu kata saja (misalnya: soekarno, soekarni, soeharto, soedirman, dll) pastinya jadi sedikit masalah… form kedua itu mau diisi apa? diisi air?? kalo mau diisi air gimana caranya coba?? :D

pasti ada mau bilang “kan nama belakang itu nama keluarga..”

hey, kalo orang londo sih iya.. punya nama keluarga.. lha terus buat orang jawa yang memang tidak memiliki kultur budaya menggunakan nama keluarga njur piye jal? apakah harus diisi nama bapaknya? kalo nama bapaknya lebih dari satu kata gimana coba?

itu baru masalah kalo namanya terdiri dari 1 kata.. trus bagaimana kalo namanya terdiri dari >2 kata? contoh: namaku sendiri Arief Setiadi Wibowo… diform nama belakang itu harusnya diisi apa? “Setiadi Wibowo” atau “S. Wibowo” atau cukup hanya ditulis “Wibowo”??

kalo pilihan yang HARUS diikuti adalah pilihan terakhir.. alangkah kasihan yang punya nama panjang buanget (terdiri dari 4 kata, 5 kata, atau bahkan lebih).. karena namanya akan dikorupsi banyak banget… korupsi koq nama, gak ada untungnya.. :D

thus.. apakah nama tiap orang lama-lama akan diformat dalam 2 kata semuanya dengan ketentuan standar? emangnya nama harus pake aturan SNI juga ya? :D

*tabik*

sirine kota

kalo pas puasa kayak gini satu hal yang diidam-idamkan nantikan adalah pas waktu buka puasa (ya iya lah..). sedikit beda dengan kota-kota lain (kalo kebetulan gak tinggal di kota ya boleh lah disebut “daerah lain” hehe), di purwodadi ada suatu keanehan adat yang mungkin gak kita temukan di daerah lain, yaitu adanya bunyi sirine yang menguasai penjuru kota selama beberapa saat pada waktu imsak dan maghrib.

buat orang purwodadi sendiri, mendengarkan bunyi sirine itu untuk menandai awal dan akhir puasa ramadhan bisa jadi suatu ritual yang sebisa mungkin tidak hilang. paling nggak buat Q-thrynx sendiri.. :D
buktinya pas pertama kali mengalami puasa di semarang (kira-kira 10 tahun yang lalu lah), Q sempat kebingungan nunggu tanda berbuka puasa yang biasanya Q dengar dari kecil koq sampe bunyi adzan berkumandang masih belum kedenger..
setelah dipikir-pikir.. iya juga.. lagi nggak di purwodadi waktu itu.. :D
beberapa hari kemudian pas ngumpul sama temen-temen (yang kebetulan cah-cah purwodadi juga) baru sadar kalo sebagian besar juga ngalami hal yang sama.. nunggu suara ngiiiiiiiing tanda buka puasa itu.

entah mulai kapan sirine itu sudah jadi tanda untuk memulai dan mengakhiri puasa dibulan ramadhan di purwodadi. yang jelas sih suara ngiiiiiiiiiiiiing itu sudah menjadi adat yang tak terpisahkan dari kehidupan ramadhan di purwodadi. (weiiss… bahasane ngeri thok..)

btw tau nggak tempat lokasi dari sirine yang suaranya selalu menguasai seluruh penjuru kota kalo pas ramadhan itu? yupz.. sirine itu terletak di masjid alun-alun purwodadi (nama resminya sih kalo gak salah masjid baitul makmur). tapi yang agak memilukan… (ah bahasane infotainment banget ya?) sirine itu sudah beberapa tahun ini tidak lagi meraung.. (bingung nyebut kata buat istilah sirine berbunyi hehe)

lho..? kalo sudah tidak berbunyi lagi trus suara ngiing tadi pagi pas imsak dan kemarin sore sebelum adzan maghrib itu suara apa coba??

yupz.. memang sih kalo pas imsak dan sebelum adzan maghrib masih terdengar suara ngiiiiing.. tapi itu hanya suara sirine saja yang didengar.. bukan sirine yang di dalem masjid alun-alun itu yang dibunyikan. karena menurut sumber yang dapat dipercaya.. sirine yang ada di masid itu sudah lama rusak dan tidak dapat dipergunakan. dan sebagai gantinya dipakailah rekaman suara ngiiiiiing itu yang dipancarluaskan oleh radio purwodadifm (dulunya dikenal sebagai RSPD kab Grobogan) setiap ramadahan tiba. yaah.. namanya juga kemajuan jaman… kalo alat yang kuno dah gak bisa kepake karena rusak (dan butuh biya ekstra buat mbenerinnya) maka alat yang lebih modern siap untuk menggantikannya…

 

acara agustusan

tiap agustusan gini pasti ada aja acara ngecet gapura, masang lampu, masang baliho umbul-umbul, dan acara-acara yang sebenernya gak nyenggol dengan peringatan kemerdekaan. (ada yg tau kah hubungan antara acara ngecet gapura, masang umbul-umbul,lampu dll itu dengan kemerdekaan?)

tapi.. untuk peringatan agustusan kali ini jelas sekali bedanya. bedanya kali ini barengan dengan bulan puasa, yang tentunya berimbas pada hilangnya hingar bingar lomba makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, bakiak trio, dan lomba-lomba khas agustusan.

pas sore-sore mau keluar nyari udara segar (sebenere nyari pandangan segar juga sih), eh malah dicegat ketemu bapak-bapak tetangga yang lagi masang lampu warna-warni kelap-kelip buat dipasang di gapura. dan gak serunya lagi malah dapet jatah nyambung kabel ke colokan di sekolahan… ya gini lah enaknya punya kampung disekitar sekolahan, bisa minta sumbangan daya kalo pas agustusan :D

sebenernya kerjaan nyambung kabel itu gak seberapa susah.. cuma karena gak ngerti colokan kabelnya dimana dan udah posisi on atau off apalagi posisi pak bon’nya yang gak ketauan dimana (mana gak bawa tespen pula).. jadinya kerjaan sepele jadi horor.. untungnya ada tetanggaku yg langsung menghandle, jadinya horor’nya bisa berhenti saat itu juga :D

kalo dipikir-pikir.. kenapa ya kalo agustusan koq selalu ada acara-acara yang sebenarnya gak bermutu nyambung dengan konsep peringatan kemerdekaan itu sendiri (diluar pikiran kalo kita sudah merdeka atau belum lho)..

[tutorial] Bikin multi quote di forum

Gara-gara ada seorang temen yang posting bertubi-tubi di forum smunsa (yang mustinya bisa di quote dalam sekali posting), akhirnya gatel juga buat nulis sedikit tips buat bikin beberapa quote dalam sekali posting.

Lagian kalo beberapa kali posting dalam waktu berdekatan posting bertubi-tubi gitu kan kesannya gak enak banget… kayak lagi kejar postingan biar jadi tukang posting terbanyak di forum itu.. (buat apa sih jadi pemajang postingan terbanyak? ada hadiah payung cantik ya?? hehehe…)

Oke.. langsung aja…
misal ada postingan yang panjang banget en bisa di quote beberapa kali.. bisa aja koq di quote beberapa kali..
contoh.. ada postingan yang ngasih pertanyaan lebih dari satu, kan bisa dijawab beberapa kali juga..
[quote=q_thrynx]blablabla..
nama:
alamat:
pekerjaan:
[/quote]

bisa kita quote sebanyak 3x
caranya copy aja code quote itu.. trus hapus aja yang gak dibutuhkan.. en bikin baru lagi buat pertanyaan selanjutnya…
tulodho…
[quote=q_thrynx]
nama:[/quote]
nama saya bendholdjoyo

[quote=q_thrynx]
alamat:[/quote]
alamat purwodadi

[quote=q_thrynx]
pekerjaan:
[/quote]
pekerjaan sekarang; tukang posting

nah gampang to..?

trus kalo yang di quote lebih dari satu orang gimana?
sama gampangnya koq…
tinggal masukin aja taq quote dari beberapa orang jadi satu…
tulodho…
[quote=q_thrynx]
nama:[/quote]
nama saya arip

[quote=q_thrynx]
alamat:[/quote]
alamat purwodadi juga

[quote=q_thrynx]
pekerjaan:
[/quote]
pekerjaan sekarang apa ya? tukang komen di Fb kali.. :D

[quote=bendholdjoyo][quote=q_thrynx]
pekerjaan:
[/quote]
pekerjaan sekarang; tukang posting[/quote]
tukang posting itu bisa jadi kerjaan ya? dapet gajinya berapa? mau dong..

keterangan: ygtak kasih tanda miring itu tulisan yang anda bikin sendiri.. yg lain itu tinggal copy paste aja dari postingan orang lain (edit sedikit bila perlu, misalnya kepanjangan or ada yang mau diberi tekanan)..

Gimana gampang to??