Kelereng GABAN

Hujan sudah mulai sering mengguyur kota Purwodadi, memang sudah memasuki musim hujan. Tapi proyek di jalan R Suprapto ini sampai sekarang masih belum terlihat kapan selesainya, walaupun di beberapa bagian sudah terlihat selesai namun masih juga terlihat material proyek di sana-sini. Padahal ada anekdot di dunia teknik sipil terkait mutu konstruksi, begini katanya;

Sepuluh musuh besar konstruksi:

  1. Air
  2. Air
  3. Air
  4. Air
  5. Air
  6. Air
  7. Air
  8. Air
  9. Air
  10. Beban.

Jadi ya agak ngeri-ngeri gimana gitu kalo lihat ada proyek pas ndilalah dikerjakan waktu musim hujan sudah tiba. Bisa gak mutunya sebaik yang direncanakan kalo kena air hujan setiap hari.

Balik lagi ke proyek di jalan R Suprapto, ada sesuatu yang menarik perhatian. Ada yang bulet-bulet ahoy dipajang dipinggir trotoar. Seperti kelereng tapi gede banget, segede gaban kalo saya boleh bilang.

Bola beton di trotoar

Kayaknya nanti di sepanjang jalan R Suprapto ini akan ada banyak bola-bola beton yang menghiasi trotoar. Kalo baca-baca artikel, fungsi bola beton di trotoar itu bukan sekedar hiasan atau tempat duduk-duduk cantik namun untuk pembatas antara jalan raya dan trotoar bukan pula untuk sarana gaban dan ultramen main gundu. Sehingga nantinya pedestarian tidak akan terganggu dengan pengendara motor yang nyerobot naik trotoar walaupun mungkin masih juga harus melipir karena ada pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar, semoga saja tidak. 😀

Tapi koq ada yang menggangu pikiran saya ya… Kenapa si bollard itu dipasang dengan jarak yang lumayan berjauhan antara satu dengan yang lainnya. Apa nggak khawatir nanti mereka kangen apa gimana gitu? Kalo jaraknya jauh seperti itu ya jangankan motor, mobil juga akan bisa nyelonong ke trotoar dong.

Tapi ah namanya juga proyek belum beres, masih dalam pengerjaan. Mungkin sekarang belum terpasang semuanya. Lihat saja nanti gimana. Bukan begitu? Iyain aja biar cepet. 😁

Penulis: q.thrynx

sudah numpang ngeblog di wordpress sudah belasan tahun. :)

5 tanggapan untuk “Kelereng GABAN”

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.