Patung Pangeran Diponegoro di bunderan Getasrejo

Dulu pernah posting tentang tugu di bunderan getasrejo yang hadeh itu. Dulu ada patung di tengah-tengah bunderan yang berwujud sosok pejuang, namun sayangnya sudah beberapa bagian tubuhnya protol dan untungnya tertutupi oleh pepohonan disekelilingnya. Dan sekarang, di era Bu Sri Sumarni tugu itu direnovasi menjadi lebih megah, lebih tinggi menjulang, dan diganti dengan Patung yang sudah dikenal yaitu patung Pangeran Diponegoro yang sedang naik kuda.

patung diponegoro bunderan getasrejo
bunderan getasrejo yang baru

Nah sekarang balik lagi ke pertanyaan saya dulu, kalo memang ingin memajang sosok pahlawan, kenapa mesti impor jauh-jauh? kenapa bukan sosok pahlawan nasional yang berasal dari Kabupaten Grobogan seperti Nyi Ageng Serang? Padahal Nyi Ageng Serang juga gak kalah heroik lhoh kepahlawanannya. Atau malah jangan-jangan pada nggak tahu kalo Nyi Ageng Serang itu berasal dari Kabupaten Grobogan? Seperti si Yudi dulu yang terang-terangan mengira Nyi Ageng Serang itu berasal dari Serang Jabar. Padahal bukan. Sorry ya Yud, buka luka lama. :)

Akan sangat WOW kan kalau saja patung itu berupa Nyi Ageng Serang yang sedang naik kuda dengan bersenjatakan tombak. Ya nggak? ;)
Paling tidak orang jadi bertanya-tanya siapa sosok yang patungnya ada disana dan syukur-syukur mau mencari tahu. Tentunya dengan sosialisasi dari pemerintah juga, biar warganya tahu dan kenal dengan pahlawan nasionalnya. Bukan begitu?

Penulis: q.thrynx

sudah numpang ngeblog di wordpress sudah belasan tahun. :)

4 tanggapan untuk “Patung Pangeran Diponegoro di bunderan Getasrejo”

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.