Banjir HOAX

Dulu jaman internet belum terlalu populer seperti sekarang ini, jarang sekali saya mendapatkan kiriman berita hoax. Baik dari email, milis maupun forum. Tapi sejak negara api menyerang serbuan gadget yang tiada habisnya dan paket data yang lebih terjangkau dibanding beberapa tahun dulu, serbuan hoax sering sekali masuk. Bukan ke mailbox sih tapi lebih seringnya ke sosial media dan aplikasi chatting.

Padahal kalo mau menahan jempol sedikit dan berpikir sejenak untuk tidak nge-share ulang berita hoax kan enak. Jadi nggak kelihatan bego-bego amat. Dan yang lebih penting tidak menyesatkan orang lain yang sama-sama bego tentunya.

Berdasar ilmu titen yang saya dapat dari jaman dahulu, berikut ini adalah ciri-ciri berita hoax;

  1. Sumbernya tidak jelas. Biasanya menggunakan jargon “katanya”, “info dari teman”, atau kalaupun nyatut suatu instansi atau lembaga, beritanya tidak dapat dikonfirmasi. Makanya saya paling males baca lanjutan tulisan (apalagi sampe ninggal komen) kalo ada yang nulis sumber:google, courtessy:youtube dan semacamnya. Apalagi kalo ditulis sumber dari internet!
  2. Fakta-fakta yang diungkapkan seringkali too good to be true. Terlalu mudah untuk dipercaya. Mirip-mirip omongan sales yang lagi nawarin dagangan. Perlu waktu sejenak untuk berpikir dengan jernih untuk tahu fakta yang diungkapkan itu tak segampang itu.
  3. Ada ajakan untuk menyebar-luaskan. Kadang disertai atas nama kemaslahatan umat, demi masyarakat, untuk kebaikan bersama, dll. Bahkan kadang ada sedikit ancaman bahaya, biar pesan hoax lebih gampang menyebar.

Kalau saja ada dua ciri tersebut dalam satu berita, jempolnya mbok ya tolong direm dulu. Jangan langsung dipercaya (apalagi langsung share kemana-mana), walaupun dikirim oleh orang yang bisa dipercaya. Bukan berarti yang ngirim hoax itu orangnya selalu tidak bisa dipercaya lho ya.. bisa saja lagi khilaf, atau lagi males aja buat nyari konfirmasi benar-tidaknya informasi yang didapat. Atau malah bisa jadi lagi iseng aja njebak temen-temennya siapa lagi nih yang bego kena jebakan betmen. :)

Jadi, sudah berapa banyak hoax yang anda sebar? Kenapa nyebar hoax? Kapok enggak nyebar hoax?

:D

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

5 thoughts on “Banjir HOAX”

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s