Menonton Pertunjukan Wayang Potehi

pertunjukan_wayang_potehiKemarin tidak sengaja pit-pit’an sore lewat kelenteng (tempat ibadah Tri Dharma, Hok An Bio, Purwodadi). Eh ternyata ada panggung kecil berwarna merah ngejreng di dekat pagar dengan ada lumayan banyak orang-orang nongkrong duduk didepannya. Ternyata sedang digelar pertunjukan wayang potehi. Asyiiik… Pengalaman pertama nih nonton wayang potehi… :D

 Awalnya sempat ngeri kalo nanti ternyata pak dalang memainkan wayangnya dengan bahasa mandarin. Mana dibawah panggung tidak ada tulisan terjemahannya pula.  Tapi ternyata saya salah sangka… (maafkan saya yang berburuk sangka duluan ya pak dalang). Pak dalang dalam memainkan boneka-boneka berbentuk kantong itu (alhamdulillah) menggunakan bahasa Indonesia. Jadi bisa ngerti lakon yang sedang dimainkan. :D (FYI potehi ternyata berasal dari kata Poo berarti kain, Tay (kantong), Hie (wayang). Kemudian terkena ‘kutukan’ ilat jowo jadi dilafalkan PoTeHi yang memiliki arti wayang kantong atau boneka kantong) .

Sore itu pak dalang memainkan lakon yang sangat familiar buat (padahal baru kali itu nonton wayang potehi). Karena Lakon yang dimainkan adalah salah satu bagian dari kisah Kera Sakti dalam perjalanan ke Barat mencari kitab suci.

Seru…

Nggak kalah asyik dengan nonton kera sakti di tv. :)

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

3 thoughts on “Menonton Pertunjukan Wayang Potehi”

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s