Cepat dan lambat

Kemarin baru saja ada coblosan. Momen dimana orang-orang bisa mencoblos caleg sesuai dengan udelnya aspirasi masing-masing. Dan sesuai tradisi abad 21 di negeri ini, setelah coblosan maka hitung cepat dari beberapa lembaga survey yang kemudian akan nongol di tv. Menjadi menarik ketika proses hitung cepat ini berjalan dengan waktu yang hanya beberapa jam saja TPS yang tutup warung sudah dapat diperkirakan siapa saja yang menang dan menangis –cocok dengan namanya yang Hitung Cepat– walaupun untuk resminya mesti nunggu beberapa hari (minggu) lagi untuk mengetahui pengumuman dari KPU.

Yang menjadi pikiran saya, bagaimana bisa jarak waktu antara hitung cepat dan perhitungan resmi ini bisa berjarak dengan hitungan hari atau bahkan minggu. Memang sih dalam survey hitung cepat itu hanya mengambil sample dari beberapa populasi. Tapi kan KPU yang memang spesialisasinya dalam pengadaan event coblosan dari pemilihan kepala daerah, anggota legislatif dan presiden-wapres semestinya bisa nyontek-nyontek dikitlah kinerja lembaga survey dalam bekerja. Biar jarak waktunya tidak selama ini.

Saya memang tidak tahu bagaimana proses perhitungan resmi dilapangan. Jadi tidak tahu dimana letak kekurangan sistem perhitungan resmi KPU yang sekarang ini. Mungkin ada yang mau share bagaimana sih sistem perhitungannya bekerja di lapangan? atau malah mungkin ada usul sekalian gimana caranya biar lebih cepat. :D

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

2 thoughts on “Cepat dan lambat”

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s