Barongan

baronganBeberapa tahun ini acara agustusan dalam rangka memperingati kemerdekaan republik Indonesia tercinta ini agak sepi (kurang meriah) dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Wajar saja karena bulan agustus beberapa tahun barengan dengan bulan ramadhan, jadinya lomba-lomba agustusan agak dikurangi dan karnaval juga ditiadakan.

Ada satu hal yang ngangeni di karnaval agustusan yaitu adanya barongan dan atraksi mengganggu menakut-nakuti penonton anak kecil yang dengan sok berani menggoda sang barongan beserta bondhet yang menyertainya. Sepertinya atraksi barongan (yang mengejar penonton) seperti ini hanya ada di Purwodadi ya? (mohon koreksi jika saya salah).

Mungkin juga Barongan adalah kesenian lokal Purwodadi (dan kabupaten Grobogan) yang harusnya bisa digali lebih dalam dan disosialisasikan sehingga paling tidak saya jadi lebih paham tentang kekayaan budaya Grobogan. Karena saya masih inget dulu di Museum Purwodadi juga ada kepala barongan dengan ukuran super besar yang dipajang, dan ini bikin saya merasa serem kalo pas lihat barongan itu (entah karena apa saya juga nggak paham).

Adakah yang punya cerita menarik tentang seni barongan di Purwodadi – Grobogan? Pernah digigit barongan mungkin. :D

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s