Bola basket dan tinggi badan

Sering kali di tv ada iklan susu pertumbuhan yang menhubung-hubungkan antara olahraga basket dan tinggi badan. Di iklan tersebut ditampilkan seorang anak yang kurang tinggi tidak pernah mendapatkan operan bola dari temannya (mungkin) gara-gara dia kurang tinggi. Ah.. apakah benar seperti itu?

Padahal kenyataan di lapangan apabila seseorang itu kebetulan berpostur pendek, hal ini tidak terlalu bermasalah untuk seseorang bermain basket (asalkan seseorang itu masih bisa melakukan dribel, passing dan shooting sebagai dasar dari bermain bola basket). Contoh ekstrem dari orang yang sukses dalam bermain basket walaupun berpostur pendek (untuk lingkungan yang diklaim butuh postur tinggi ini) adalah Tyrone Bogues atau yang lebih terkenal dengan sebutan “Muggsy” Bogues. Ingat filmnya Michael Jordan yang diculik para tokoh kartun di film Space Jam? Dialah satu dari 5 orang yang dicuri bakatnya oleh para alien. Tebak saja, dialah yang paling pendek diantara 5 orang yang dicuri bakatnya itu.

Dengan postur setinggi 160 cm dia mampu berkarir di jagat NBA dengan kemampuan passing, steal dan kecepatan yang dimilikinya dari musim 1987 hingga 2001. WOW! Oh ya biarpun pendek ternyata Bogues pernah memblok seorang Patrick Ewing yang berpostur jauh lebih tinggi lho… (Ewing berposisi sebagai center dengan postur 213 cm). WOW again!!

Jadi masih berpikir kalo basket itu hanya milik orang berpostur tinggi?

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

4 thoughts on “Bola basket dan tinggi badan”

    1. sebenere ada keuntungan buat yang pendek lho di basket. coz orang pendek itu biasanya lebih cepat, lebih gesit, dan dribelnya lebih smooth daripada yang tinggi.
      satu lagi ding… kalo orang yang pendek main basket itu… posisinya jarang berubah. selalu dapet posisi guard. kalo yang posturnya nanggung… ya menyesuaikan kondisi :)

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s