Kyai Gandu

Kemarin waktu ngobrol dengan Pakdhe ada sedikit obrolan yang masih nempel saja di kepala. Obrolan tentang kota Purwodadi jaman doeloe. Karena kebetulan sudah lama Pakdhe tidak pulang ke Purwodadi, kemarin cerita tentang nostalgia beliau dengan kota Purwodadi.

Awalnya saya nggak begitu ngeh, pas beliau cerita soal jalan Kyai Gandu. Tapi setelah mendengarkan beberapa saat saya langsung ngeh kira-kira saja kalau yang beliau maksud itu adalah daerah (ng)Gandu, atau lebih tepatnya saya lebih mengenalnya dengan nama Prapatan (ng)Gandu, sebuah perempatan yang terletak di antara jl. Gatot Subroto dan Jl. D.I. Panjaitan (kalau nggak salah lho… soalnya saya walaupun orang aseli Purwodadi tapi saya lebih apal nama daerah daripada nama jalan… harap maklum :D).

Setelah wawancara tanya-tanya sesepuh lainnya yang juga paham dengan seluk beluk Purwodadi, saya dapat info yang lebih jelas. Ternyata asal usul daerah itu dinamakan disebut (ng)Gandu karena dulunya di salah satu sudut perempatan jalan itu ditemukan suatu batu fosil (atau batu keramat?) yang dikenal dengan nama Kyai Gandu. Oleh karena itu jalan itu dulunya disebut Jl. Kyai Gandu. (saya lupa yang Jl. Gatot Subroto atau Jl. D.I. Panjaitan. Tapi kayaknya yang disebut Jl. Kyai Gandu itu dulunya Jl. Gatot Subroto CMIIW).

Sebelum jalan tersebut diperlebar seperti sekarang, batu Kyai Gandu itu ceritanya masih ada di salah satu sudut perempatan jalan itu. Namun setelah ada proyek pelebaran jalan, Kyai Gandu itu konon kabarnya dipindahkan entah kemana (adakah yang tahu?).

**itulah sedikit cerita asal usul nama Gandu di Purwodadi yang saya tahu, adakah yang bersedia melengkapi?

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

7 thoughts on “Kyai Gandu”

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s