Jam-jam tak terawat

Disekitar kota Purwodadi ternyata banyak jam yang sengaja diletakkan di wilayah publik. Mungkin dulunya jam-jam itu selain digunakan untuk elemen estetika juga bisa digunakan sebagai pedoman untuk nyocokke wektu bagi masyarakat atau apa saya juga tidak begitu tahu, karena seingat saya jam-jam itu sudah ada dari saya kecil.

Peletakan jam yang paling bisa diingat oleh orang Purwodadi yang pertama dan bahkan sekarang jadi salah satu landmark kota Purwodadi adalah di Protelon Lampu Telu atau ada juga yang menyebut Protelon Jam. Protelon Lampu Telu adalah pertigaan yang terletak diantara Jl. Jend. Sudirman dan Jl. Letjend S Parman Purwodadi. Namun ada juga yang menyebutnya sebagai daerah segitiga emas lho… tapi itu untuk taman kota yang terletak di samping pertigaan itu. :D

pertigaan jam - purwodadi

Selain di pertigaan itu ada juga jam sejenis itu yang terletak di bundaran simpanglima. Kalau anda dari arah selatan (Jl. Diponegoro) anda bisa melihat jam tersebut berdiri di sisi luar trotoar bundaran simpanglima.

jam yang berada di bundaran simpanglima purwodadi

Yang terakhir (yang saya tahu) ada di sebelah utara jembatan Kali Lusi. Sayangnya yang satu ini sedikit terancam tertutup oleh lapak dagangan kios disebelahnya. Sudah agak susah melihatnya… namun masih terlihat kalau anda mencarinya dengan seksama :)

jam yang terletak di jembatan lusi purwodadi

Yang membuat sedikit miris adalah sepertinya sekarang semua jam itu sekilas sudah tidak terawat. Mungkin karena sekarang orang sudah bawa arloji sendiri-sendiri, atau paling tidak membawa kotak ajaib yang tidak hanya bisa menunjukkan waktu namun juga bisa untuk berkomunikasi dengan orang lain (hape).

Kira-kira ada lagi nggak ya jam yang dipajang di ruang publik di Purwodadi? Sepertinya yang berada di jalur barat belum ketemu nih… :D

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

9 thoughts on “Jam-jam tak terawat”

  1. untuk protelon jam, kayake udah ada uneg-uneg untuk dipercantik… tapi blum tau kapan direalisasike…. semoga segera terlaksana.

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s