Halte Tangoeng

Kemarin iseng-iseng mencari info tentang Grobogan jaman dahulu, siapa tahu ada info menarik lagi yang bisa saya dapatkan. Dan tanpa sengaja saya mendapati sebuah gambar tentang Stasiun tertua di Indonesia yang masih tetap beroperasi ini yaitu Stasiun Tanggung (TGG).

Litografi stasiun Tanggung berdasarkan lukisan oleh Josias Cornelis Rappard (1883-1889) ini saya temukan di halaman wikipedia. Sekilas mirip dengan foto kuno ini (atau mungkin memang karya ini dibuat berdasarkan foto ini?) yang saya temui di situs semboyan35 dulu…

stasiun tanggung 1867
stasiun tanggung 1867

Satu hal yang agak mengganggu dari Litografi mbah Josias Cornelis Rappard ini adalah pada tulisan nama stasiun yang terpampang. Di gambar itu tertulis HALTE TANGOENG. Suatu kesalahan kecil yang sangat manusiawi. Karena hanya menghilangkan satu huruf G, namun sangat mengganggu buat saya.

Bagaimana menurut anda?

—————————————–

*gambar atas milik bersumber pada wikipedia dengan lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 3.0 Unported atribut gambar: Tropenmuseum of the Royal Tropical Institute (KIT)

**gambar bawah dulu saya temukan di situs semboyan35, namun sayang saya lupa letak tautan yang menuju gambar tersebut (sudah saya cari namun belum ketemu :()

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

6 thoughts on “Halte Tangoeng”

  1. mungkin suatu saat nanti (kalau ada niat) pak :)
    atau malah pak supriyono sendiri yang mau pasang foto dan nulis cerita tentang stasiun-stasiun di purwodadi?

    (kayaknya stasiun purwodadi pernah saya tulis deh)

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

