Kejutan NATAL

Kemarin malam ngepasi hari natal, ada seorang yang telepon dan mengaku-ngaku dari kepolisian. Karena kebetulan yang mengangkat telepon adalah bapak, saya agak kurang jelas detail percakapan via telepon itu namun secara garis besar bisa saya ceritakan seperti berikut;
Polisi gadungan: “apa benar ini rumah bapak A?” (menyebut nama persis seperti nama yang tertulis di buku telepon).
Bapak: “ya benar”.
Polisi gadungan: “apakah bapak memiliki putra yang sedang di luar kota?”
Bapak: “ya”.
Polisi gadungan: “boleh tahu siapa namanya pak?”
Bapak: “namanya P pak”
kemudian sang Polisi gadungan menanyakan beberapa detail (yang menurut saya janggal ditanyakan seorang polisi di situasi seperti ini) seperti nama lengkap, tinggal dimana putranya, kuliah dimana, apa sedang diluar kota, dll.

Saya yang berada di kamar dan mendengar percakapan ini mulai penasaran dan mulai curiga ketika akhirnya sang polisi gadungan itu menyampaikan kabar bahwa “putra bapak yang bernama P mengalami kecelakaan di pombensin dan sekarang ini sedang dirawat di RS dr. Karyadi. Untuk lebih jelasnya bapak bisa menghubungi dr heru di nomer 085342767999″.

Mungkin karena sudah naluri ortu begitu mendengar kabar anaknya kecelakaan,bapak langsung menghubungi si dokter heru ini. Dan karena satu komplotan dengan polisi gadungan ini, si dokter heru ini (entah dokter beneran atau gadungan, tapi kayaknya 68% gadungan deh :P) membenarkan bahwa ada pasien kecelakaan dengan nama P sedang dirawat disitu, plus embel-embel kondisinya parah… kepala retak dan kaki kanan patah :(

Dan yang membuat saya yang nguping dari dalam kamar tambah curiga, si dokter heru ini malah nanya “punya ATM ga pak?” dan minta dikirimi uang sebesar 7,5 juta rupiah untuk biaya entah apa. Dan konyolnya si dokter heru ini juga minta dikirimi pulsa –hadeh… pak dokter koq gak minta pulsa sama ortu korban kecelakaan, udah nggak punya ati ya pak??–.

Diem-diem saya telpon si oki (teman satu kost adik saya) dan sukses… telpon masuk dan tidak diangkat… :| Ah kebiasaan nih anak… telpon lagi ah… Nggak diangkat lagi…. :(

Wah sudah mulai horror nih….

Akhirnya saya telpon adik saya saja ah… sebenarnya sudah pesimis, karena biasanya kalo penipuan seperti ini nomer adik saya akan sulit dihubungi (apalagi pak polisi gadungan tadi sudah sempat nanya nomer telpon adik saya), dan ajaib!! Langsung masuk!! Dan diangkat pula….
P: Halo.. apa mas?
Q: Halo… lagi ng ndi dik?
P: Ki ng kos. Ana apa?
Q: Ora apa-apa to?
P: Ra po po. Lha lahpo?
Q: Iki ono wong telpon jarene kowe kecelakaan. saiki dirawat ng Karyadi..
P: Halah… ngapusi kuwi…
Q: Ooo.. yo wis…

Sambil jalan saya ngasih kode dadah ke bapak. Dan sepertinya bapak langsung tanggap. Si dokter heru ini diajak bicara terus saja, dan dijawab iya-iya saja :D. Sekarang gantian ibu yang bingung… Ni dua orang koq telpon-telponan dan senyum-senyum. Segera saja saya berikan telpon saya ke ibu, dan saya ngomong itu yang katanya habis kecelakaan lagi diujung telpon.

Setelah tahu duduk perkaranya bahwa yang sedang telpon-telponan sama bapak itu penipu dengan modus operandi menelpon dan memberitahu ada anggota keluarganya yang kecelakaan lalu meminta transfer uang lalu ngabur….

Alhamdulillah kejutan natal kali ini berakhir dengan indah… alhamdulillah adik saya nggak apa-apa… dan alhamdulillah lagi, nggak ketipu sama komplotan penipu… :D

Ending episode ini… ada sms masuk dari oki…

Ngopo Mas?

dan saya jawab saja;

gpp, iki mau ono penipu nelpon nek adiku jarene kecelakaan. —blabla— Merry chrismast.. :D

———————————————————————————————–

NOTE: setelah googling ada di kaskus juga nomer dokter heru ini, bahkan modus operandinya sama pula…

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

12 thoughts on “Kejutan NATAL”

    1. heeh mbak.. sudah jadi modus operandi yang umum…
      kalo tips tentang menghadapi penipuan telpon yang mengabari ada keluarga yang kecelakaan (ini yang tak temui di blog2 lain lho..);
      1. jangan gampang percaya sama orang yg tidak dikenal (apalagi baru lewat komunikasi telepon)
      2. lakukan cek dan ricek…. (koq kayak infotainment ya?? :D)
      3. jangan gampang panik… karena orang yang panik (katanya) gampang dimanipulasi (gampang dibohongi)

      apalagi ya…. happy googling lah mbak. :D

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

