ISENG-ISENG BERHADIAH

Beberapa minggu kemaren aku liat lowongan di Suara Merdeka ada perusahaan yang butuh teknisi. Iseng2 aku bikin lamaran trus langsung meluncur ke lokasi tkp kantornya yang ada di daerah Lamper tengah Semarang itu… (lumayan kalo dapet kerjaan di semarang.. gak perlu lagi nglajo tiap weekend buat kuliah)

Pas nyampe alamat itu ada sedikit kejanggalan, koq ni kantor mirip rumah biasa… (banyangin aja liat rumah tipe 36), gak plang nama.. gak ada suasana kayak kantor or rame2nya rumah yang dijadiin kantor.
Wah salah alamat ni kayaknya… coba liat lagi akh alamatnya…
Bener koq…
Wah jadi gak yakin ma ni perusahaan.. ya udah cabut dulu deh… (gak jadi masukin lamaran)

Abis itu cari pandangan dari temen2 yang udah pernah punya pengalaman macem2 soal lowongan en proses perekrutan gitu deh..
Opini pertama: “mungkin itu semacem anak perusahaan yang khusus di bagian perekrutan pegawai”
Opini kedua: “paling itu cuman outsource (bener gak ya nulisnya..) yang emang tugasnya nyariin pegawai dari perusahaan klien’nya”
Opini ketiga: “akh itu paling kantor kecil yang pura2 jadi perusahaan gede biar banyak yang maskin lamaran, soale mereka butuh karyawan banyak”
Opini keempat: “paling itu orang2 yang nipu… paling mereka nyari sales untuk produk apaanlah yang gak jelas gitu..”
Opini kelima: “alaaah… gak usah mikir lama2.. masukin aja lamaran’nya… iseng2 berhadiah tuh..”

Ok… akhirnya setelah mendengar, menimbang macem2 opini itu akhirnya diputuskan bahwa… gak jadi nglamar deh… :)

Selang beberapa minggu, koq perusahaan itu bikin lagi lowongan… persis lagi kayak yang dulu…
Gak pake mikir lama lagi, aku bikin lamaran.. (soale yang lama udah kadaluarsa tanggale.. udah ganti bulan sih…)
kayaknya aku kemakan opini kelima deh… iseng2 berhadiah :D

Singkat cerita abis masukin lamaran en wawancara dikit, trus di suruh ikut “tes” minggu depannya. (wah udah mulai seneng nih, kayaknya opini 1 dan 2 bener.. )

HERE WE ARE… Hari Tes telah tiba…
Menurut jadwal tes mulai jam 7.30 tapi karena kena macet di pasar mranggen dan karangawen, jadinya telat deh nyampe “kantor” itu. Pas nyampe disana udah jam 7.40 (telat nih koq udah banyak sepatu diluar? aneh juga kan masuk kantor koq nyopot sepatu?) ya udah masuk aja lah, nanggung udah nyampe sana.
Wah ternyata belom telat lho.. malah aku yang dateng paling awal.. ada untungnya juga hidup di Indonesia.. jam karetnya ada gunanya juga.. :)

Tapi mulai saat itu mulai deh, aku liat ada beberapa keanehan…
(perusahaan tanpa plang nama udah gak diitung sebagai keanehan lho ya…)
1. Pas masuk ruang ‘tes’ aku liat ada pegawai yang setor uang ke ‘bos’nya, wah udah mulai gak enak ni perasaan jangan2 ni sales yg aneh2 itu…
2. Didalem kedengeran kayak ada seminar MLM (aku pernah diajak temen ngikut acara ginian sih jadinya dikit2 ya ngerti lah seminar motivasi kayak gitu…), kalo blom pernah ngikut seminar MLM.. bayangin aja lagi liat Adrie wongso lagi ngasih motivasi ke karyawan suatu perusahaan gede gitu… Suaranya mirip2 gitu.
3. Pas dateng pelamar lain, ada yang nanya ‘lowongan yang pas tgl berapa mas?’ Usut punya usut ternyata mereka pasang iklan lagi tapi pake nama perusahaan lain. Wah udah makin kerasa nih kalo ni perusahaan agak2 ‘nakal’
4. Pas waktu ‘ngetes’ karyawan, semua dijadiin satu trus cuman diajak ngobrol biasa.. katanya tesnya langsung dilapangan ntar jam 10an..
Pas aku nanya dilapangan? maksudnya diperusahaan lain gitu? ini teknisi apaan? eh jawabannya nggantung banget… nanti akan dijelaskan sama supervisor’nya.

Nah pas para supervisor mereka dateng, jelas deh kayak apaan sih teknisi yang dimaksud… Awalnya mereka gak langsung ngasih tau. Katanya liat dulu apa yang mereka kerjakan…
Trus awalnya diajak dulu jalan2 (beneran jalannya, gak pake naik apaan, murni jalan) ke ‘pos’ (aku nyebutnya gitu soale, itu tempat mereka ngumpul sebelom ‘berangkat’ ke tujuan), trus disana nunggu ‘pasukan’ yang lain…
Wah perasaan jadi tambah gak enak…
Daripada penasaran aku tanya aja langsung (tanpa basa basi..) “ini nanti produk yang ditawarin apaan sih Pak?” eh jawabannya bikin kaget.. (untung gak jantungan). “Produknya pengaman tabung gas itu lho pak…”
wah masih gak puas aku nanya lagi…
“jadi ini nanti kita nawarin ke rumah2 sistem door to door gitu”
jawabnya: ‘ya pak, sekarang ini kan ada program konversi minyak tanah ke gas… jadinya kita nanti bisa njual banyak pak..’
wah gak beres… trus teknisinya teknisi apaan coba? tanyain aja akh… “pak, saya kan nglamar jadi teknisi ni sebenarnya kan gak ada hubungannya sama teknisi pak..”
dia jawab: “oooh… itu… semuanya emang harus dimulai dari sini pak…”
last question… “trus itu nantinya teknisinya teknisi apaan pak?”
the answer is.. :”ya itu pak teknisi kompor gas..”
****^%$#@%$^%$%$—-GUBRAKKKKK…..!!!

wah gak bener nih… gak bener…..
siaaaa…….llll……….

langsung aja deh… gak pake lama.. langsung ambil keputusan…. MUNDUR..RR….. gak tau deh nasibnya para sarjana teknik (temen2 yang sama2 ngelamar untuk posisi lain) yang masih gak ngerasa kalo dah kena tipu itu…

kenapa kemaren pas interview pake nanya bisa troubleshoot, bisa linux, ngerti komputer dan 
tetek bengeknya??

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

4 thoughts on “ISENG-ISENG BERHADIAH”

  1. Walah sama om, saya juga pernah ketipu tapi kjadianya sudah lama, lima tahun yang lalu. di koran lowongannya teknisi, ternyata sales pelengkapan kompor gas.
    Dan biasanya dikirim keluar kota.

  2. hehehehe… loetjoe…
    ada lagi tuh perusahaan2 futures, forex gitu yang iklannya posisinya keren2 bgt, financial analyst lah, pokoknya yang keren2 taunya cuma suruh jualan produk forex…..

  3. @wanto: persis om, itu kejadiannya sama kalo gitu.. dulu itu katanya mau dikirim ke luar kota…

    @ahmad: kalo jualan produk forex itu by net, iklane financial analyst masih gak gitu jauh melencengnya. kalo teknisi komp jadi sales pengaman kompor gas kan …

  4. Sebelumnya perkenalan dolo mas, saya yang punya itu rumah.. serius!! Lamper Tengah No. 20 khan..?? itu rumah memang dikontrak oleh perusahaan suplay alat² buat tabung gas gitu macam kayak jualan selang gitu. Dirasa karena saya takut itu perusahaan fiktif makanya untuk pengajuan perpanjangan kontrak rumah saya tolak. Kabar terakhir sekarang mereka kontrak di jalan kanguru semarang selama 10tahun.

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s