yuk kenalan ama virus!

“wah kompie’ku kena virus nih. toloooong!!!! siapa yang bisa benerin.”
pasti buat yang sering “berhubungan” dengan komputer (apalagi komputer yang dipake secara “ber-jama’ah”) akan pernah denger keluhan diatas. Paling gak sekali lah… ato jangan-jangan malah sering denger, or justru yang sering ngeluh?? :)
Sante aja… anda bukan satu-satunya orang yang pernah kena efek gak enaknya kalo komputer kena virus. (Masih banyak koq temen2 yang laen… cuman bedanya U blom pernah denger aja keluhannya hehehe :) ).

Sebenernya apaan sih virus komputer itu..? jangan-jangan cuman kadal dibedakin :)
Okeh.. sebenernya kata “virus komputer” dikenalin pertama kali tahun 1984 by Mr. Fred cohen lewat thesisnya, biarpun program yang kita kenal sebagai “virus komputer” ini udah mulai dibikin di Bell’s Labs (di barat sono) sekitar taon 50-an.
Ditesisnya si mister Fred Cohen nulis VIRUS COMPUTER adalah
“A program that can infect other programs by modifying them to include a slighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer system or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows“
mangsudnya: “sebuah program yang dapat meng”infeksi” program lain dengan cara mengubahnya dan memasukkan program virus di program lain. Virus bisa nyebar dalam sebuah sistem komputer ato jaringan denagan menggunakan autorisasi dari pemakai yang memakai komputer untuk menginfeksi komputernya. Sebuah program yang udah ke’infeksi virus juga bisa melakukan sesuatu yang dilakukan virus asalnya.

Dari situ keliatan kalo sebenernya “VIRUS” komputer juga sebuah program.. TETAPI… (masih ada tetapi-nya ini yang bikin beda :) ) program ini didesain buat memanipulasi program lain. Yaaa… kayak virus yang aslinya itu lah… orang sehat yang ketempelan virus tertentu pastinya ngerasa ada yang aneh, misal trus bisa pilek, meriang, ato yang laen tergantung virus yang “nempel”.
Sama aja kalo komputer ada program yang “ketempelan” setan virus, so pasti ada efek yang nggak “bener” di komputer itu.

trus gimana caranya komputer bisa kena virus??
sebenernya komputer bisa kena virus jika dan hanya jika (bahasanya matematik bener ya??) komputer terhubung dengan “dunia lain luar”, misalnya aja terhubung ke internet, trus ada yang masukin disket/cd yang udah kena virus, trus ada yang nyolokin mata anda flash disk sembarangan (yang udah kena virus tentunya).
makanya biar gak pusing mikirin virus komputer, simpen aja komputer di lemari besi trus balik lagi pake mesin ketik ato pake tulisan tangan yang lebih orisinil. :)
gak gitu banget ding, yang penting ati2 aja… jangan pernah buka file yang bukan BENER-BENER MILIK KITA en selalu chek en ricek en ricek en ricek… pokoknya selalu cek ulang data en komputer kita dari serbuan virus komputer.
last but not least… gak ada salahnya pake antivirus (yang selalu terupdate) dan usahain selalu protek pada sistem komputer kita. soal merk antivirus gak masalah… (kan gak bisa dimakan, ngapain mikirin merk??) yang penting udah tau kehandalannya.

kayaknya itu dulu aja ya…
pegel nih nulisnya… (padahal tahunya juga baru segitu :) )…
see ya…

**nyumber dari beberapa artikel di internet (yang aku ngerti tak tulis yang nggak ya nggak tak tulis )

Iklan

Penulis: q.thrynx

aku bukan siapa-siapa :)

jangan ada SPAM diantara kita ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s